Kategori

Isi Kandungan

Followers

Promosi Blog Anda

Daftarkan Blog Anda Disini...Percuma

Perkosaan oleh Suami

Posted by Blog Rasmi YM Syed Abi Ghufran Al-Idrus Monday, April 2, 2001 0 comments



Ada suatu perkosaan yang mungkin jumlahnya jauh lebih banyak daripada perkosaan yang diberitakan oleh banyak media massa di negara kita. Itulah perkosaan yang dilakukan oleh para suami terhadap istrinya.

Sebuah peristiwa menyedihkan yang dialami oleh banyak istri, tetapi tidak terungkap seperti peristiwa perkosaan yang dilakukan oleh pria bukan suami. Perkosaan yang dilakukan oleh suami pada umumnya ditutup oleh korban yang istri sendiri, karena hanya dianggap sebagai urusan keluarga.

Mungkin banyak orang tidak dapat menerima kalau seorang suami dianggap memperkosa istrinya. Dalam anggapan mereka istri tidak selayaknya menolak suaminya yang menginginkan hubungan seksual. Dengan kata lain mereka menganggap seorang istri harus selalu siap pakai memenuhi keinginan seksual sang suami. Seperti sebuah mesin saja. Mereka lupa atau pura-pura lupa bahwa istri yang juga manusia dapat merasa tidak bergairah atau payah atau tidak ingin diganggu pada suatu saat. Bahkan ada pula yang menggunakan alasan agama, bahwa istri harus tunduk kepada suami. Maka mereka beranggapan setiap kali suaminya menginginkan hubungan seksual, sang istri tidak boleh menolak. Agaknya ini merupakan anggapan yang salah dalam menafsirkan suatu ajaran agama.

Benarkah ada perkosaan yang dilakukan oleh suami terhadap istri?

Bertolak dari pengertian perkosaan, yaitu setiap hubungan seksual yang berlangsung tanpa persetujuan bersama, maka hubungan seksual yang hanya dikehendaki oleh suami sementara sang istri tidak menghendaki, sebenarnya termasuk perkosaan. Apalagi kalau disertai ancaman, misalnya akan dicerai, akan mencari wanita lain, bahkan sampai dipukul atau diperlakukan dengan kekerasan sampai menimbulkan penderitaan bagi sang istri.

Banyak istri mengeluh mengalami rasa sakit di vaginanya akibat hubungan seksual yang dipaksakan oleh suaminya, atau dengan kata lain diperkosa oleh suaminya. Pada dasarnya pengalaman mereka sama, yaitu mereka sedang tidak ingin melakukan hubungan seksual karena sebab tertentu. Tetapi sang suami tetap memaksa sambil marah. Maka hubungan seksual berlangsung seperti dengan sebuah benda. Sang suami segera puas, tetapi sang istri kesakitan sampai berhari-hari.

Sebagian mereka sedang tidur nyenyak ketika dibangunkan oleh suaminya yang meminta melakukan hubungan seksual. Pada saat itu sang suami sudah siap ingin melakukannya, sementara sang istri masih dalam keadaan setengah sadar dan tidur yang lelap. Maka berlangsunglah hubungan seksual yang sangat menyiksa sang istri. Mudah dimengerti kalau sebagian sampai mengalami infeksi pada kelaminnya.

Sebagian lain memang tidak sedang tidur, tetapi sedang tidak ingin melakukan hubungan seksual setelah payah bekerja seharian. Tetapi dengan terpaksa mereka melayani keinginan seksual suaminya kalau tidak ingin menjadi tumpahan kemarahan, bahkan tamparan. Sebagian istri yang lain memang telah kehilangan gairah seksualnya sehingga merasa lebih senang bila tidak disentuh oleh suaminya. Tetapi sang suami tidak pernah mau mengerti, sehingga tetap saja menuntut melakukan hubungan seksual. Kalau menolak, maka kemarahan yang didapat, bahkan kekerasan.

Memang agak aneh mendengar ada perkosaan dilakukan oleh suami terhadap istri. Tetapi setelah mengetahui contoh di klinik tersebut, masihkah merasa aneh? Jelas itu suatu tindakan perkosaan yang dilakukan oleh suami. Tetapi tentu saja sang istri yang menjadi korban, tidak mungkin melaporkan dan menuntut secara hukum. Bagaimana pun juga sang pemerkosa adalah suami sendiri. Kecuali kalau benar-benar sudah tidak tahan menghadapi derita yang dialami.

Mengapa sampai terjadi perkosaan oleh suami?

Jawaban yang pasti, karena sang istri tidak mau atau tidak bersedia memenuhi keinginan suami untuk melakukan hubungan seksual. Karena istri menolak atau tidak bersedia, maka suami melakukan berbagai bentuk kekerasan agar dapat melakukan hubungan seksual.

Tetapi pemaksaan oleh suami terhadap istri tidak dapat dilepaskan dari faktor lingkungan sosial, budaya, dan ekonomi. Lingkungan tersebut tampak berpengaruh besar terhadap kekerasan terhadap wanita, khususnya kekerasan seksual oleh suami. Lingkungan sosial ekonomi di mana status sosial ekonomi wanita lebih rendah daripada pria menyebabkan wanita berada di bawah “kekuasaan” pria, termasuk dalam kehidupan seksual.

Lingkungan budaya dengan perbedaan gender yang kuat telah menempatkan status budaya wanita lebih rendah daripada pria. ini menyebabkan pria selalu menganggap wanita harus tunduk kepada pria. Bahkan istri tidak ditempatkan menjadi mitra yang sejajar dengan suami, melainkan sebagai “pembantu” atau paling tinggi sebagai “pendamping”.

Maka ketika mengetahui istri menolak atau tidak bersedia melakukan hubungan seksual, suami begitu saja memaksanya, bahkan dengan kekerasan. Suami tidak pernah ingin tahu atau bertanya mengapa sang istri menolak atau tidak bersedia melakukan hubungan seksual.

Mengapa sang istri tidak bersedia melakukan hubungan seksual?

Pertanyaan inilah yang seharusnya dipikirkan atau ditanyakan oleh suami menghadapi istri yang menolak atau tidak bersedia melakukan hubungan seksual. Ada beberapa alasan yang disampaikan oleh istri, mengapa mereka menolak melakukan hubungan seksual, yang menyebabkan sang suami kemudian memperkosanya.

Sebagian istri sering menolak melakukan hubungan seksual karena selama menikah tidak pernah merasakan kenikmatan hubungan seksual. Hanya suami saja yang menikmati. Akibatnya dorongan seksualnya lenyap sama sekali. Padahal penyebabnya sangat mungkin karena ketidaktahuan suami tentang seksualitas, atau mungkin karena gangguan fungsi seksual pada suami.

Sebagian yang lain menolak melakukan hubungan seksual karena memang sedang tidak bergairah karena payah atau sedang tidur. Kalau saja sang suami mau mengerti keadaan tersebut, maka mereka tidak akan langsung melakukan hubungan seksual sementara sang istri tidak siap. Kalau saja mereka mengerti, maka mereka akan menunggu sampai sang istri juga siap sehingga tidak terjadi peristiwa perkosaan dengan akibat yang merugikan istri. Atau kalau mereka mengerti bahwa sang istri bukan hanya merupakan obyek seksual suami, maka mereka seharusnya dapat memaklumi kalau sang istri sedang tidak bersedia melakukan hubungan seksual. Para suami Seharusnya menyadari bahwa istri bukanlah sebuah benda yang selalu siap pakai untuk melakukan hubungan seksual, sama halnya dengan pria yang tidak selalu siap pakai.

Menyedihkan bila mendengar salah satu alasan suami yang menikah lagi, yaitu karena sang istri tidak mampu sepenuhnya melayani kebutuhan seksual suami. Jadi karena sang istri hanya mampu memenuhi sebagian saja, maka sang suami menikah lagi. Sungguh menyedihkan, karena sang suami tidak mau berupaya mencari apa sebabnya sang istri tidak mampu melayani kebutuhan sek sualnya. Padahal kalau dicari penyebabnya, sangat mungkin karena sang istri tidak dapat menikmati hubungan seksual yang dilakukan akibat ketidakmengertian suami atau akibat gangguan fungsi seksual suami.

Apa akibatnya bagi istri?

Ada beberapa akibat buruk yang mungkin terjadi dalam kehidupan seksual wanita yang mengalami perkosaan oleh suami. Pertama, dorongan seksualnya lenyap. Kedua, dorongan seksual tetap ada tetapi reaksi seksual terhambat sehingga merasa sakit setiap kali melakukan hubungan seksual. Ketiga, hambatan mencapai orgasme. Keempat, mengalami vaginismus, yaitu kekejangan abnormal pada otot sekitar vagina sepertiga bagian luar sehingga hubungan seksual tidak mungkin dilakukan.

Sejauh mana istri mengalami akibat perkosaan oleh suami sangat tergantung pada sikap atau kekerasan yang dilakukan oleh suami dan jangka waktu perkosaan berlangsung. Semakin buruk sikap atau kekerasan yang dialami dan semakin lama perkosaan dialami, semakin buruk akibat yang dialami oleh istri. Vaginismus merupakan akibat akhir pada fungsi seksual istri yang mengalami perkosaan oleh suami.

Bagaimana istri harus bersikap bila mengalami perkosaan oleh suami?

Istri yang mengalami perkosaan oleh suami seharusnya tidak boleh berdiam diri dan membiarkan kekerasan itu berlangsung. Mereka harus menentukan sikap dan berbuat sesuatu agar tragedi itu tidak berlanjut.

Beberapa langkah berikut ini boleh dilakukan oleh istri yang mengalami perkosaan oleh suami.

Pertama, menjelaskan dan menyadarkan suami bahwa tindakannya tidak benar dan tergolong perkosaan.

Kedua, menjelaskan kepada suami bahwa penolakannya untuk melakukan hubungan seksual bukan karena tidak senang kepada suami, melainkan karena ada alasan tertentu. Alasan tersebut harus dijelaskan juga kepada suami.

Ketiga, menyadarkan suami bahwa tindakannya justru dapat menimbulkan akibat lebih buruk bagi kehidupan seksual istri. Keempat, bicarakan dengan suami bagaimana mengatasi masalah seksual yang mereka alami sebagai satu pasangan. Ajaklah suami untuk berkonsultasi dengan tenaga ahli agar hubungan seksual dapat berlangsung harmonis.

Baca Lagi..dan Jangan Lupa Share Kat Member..
Print

6 Sikap Lelaki Buat Wanita Bosan

Posted by Blog Rasmi YM Syed Abi Ghufran Al-Idrus 2 comments


Kiranya lelaki bangga yg mreka seolah-olah punya byk pilihan, wanita jugak mampu punya cita rasa mereka sendiri. Cuba semak kot2 la anda(kaum lelaki) bukan dalam kategori lelaki yg diidamkan wanita.

1) LELAKI YANG PERASAN

Perasan! sinonim bg lelaki yang menganggap diri mereka kacak n bergaya. lebih2 lg kalau derang kaya n byk duit. Tapi ada ja wanita yg sanggup tahan sbb duit! TP dalam hati menjengkelkan.

2) LELAKI EGO

Ego dan keras kepala. Ramai la laki ada sikap mcm nih. Pantang skali perempuan tegur kesalahan derang. Mungkin anda trdengar crita suami or teman lelaki yg bertindak tampar isteri sbb hanya menegur atau mencabar mereka. Di sinilah ego lelaki sbb depa anggap ada kuasa ke ats wanita. Jika anda slalu mcm nih mmg la kna tinggal. Tak ke dayus?

3) SERING BERBAHASA KASAR

Cket2 melenting. Ditegur je cket tapi melenting mcm psangan mntak gadaikan nyawa dia je. Mmg ada la laki yang guna bahsa kasaq tp bg perempuan derang nih sensitif cket. Tentun la wanita nih asyik mkn hati dgn sikap laki yang cenggini. JAdi sama2 lah kita bermuhasabah diri sbbnyer jgn menyakiti hati org lain.

4) MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI

Pernah x tgk laki n perempuan atau suami isteri yg bergaduh sbb hal remeh temeh? Contohnya wanita merasaakan lelaki tidak mempedulikan dirinya lagi. MEmang benar ada laki yg pentingkan diri sendiri sbb drang rasa berhak dlm buat kptusan dlm sesebuah prhubungan. Wanita akn cpt tertekan dan akan menidakkan prhubungan korang. Fikirlah baik2 sbb bila ego menguasai diri kta xkkan cuba pecahkan belenggu yg brsarang di dada. Tapi klu belenggu tu sdah dibuang insya allah hbungan yg dijalinkan berjalan dgn suasana berkasih sayang.

5) TIDAK BERTANGGUNGJAWAB

Tanggungjawab ini mencerminkan sesebuah peribadi seorang lelaki kerana tanggungjawab ini adalah diamanahkan oleh ALLAH swt. Tak kira la dalam keluarga, perhubungan, pekerjaan, rumah tangga, dan pelajaran bagi yang stadi lg lah.Pada lelaki jika belum pasti hubungan itu sampai ke arah mana jangan diminta apa-apa yang bernilai dr diri wanita tersebut. Hormatilah dirinya dan jagailah maruahnya. Jangan mengambil kesempatan ke atas dirinya. Di sini akan berlakunya kezaliman bagi kaum wanita atau kedua2nya sekali. DaN Jika dah tak da rasa tanggungjwb maksudnya kita tak tahu bagaimana utk menilai sbuah perhubungan itu. Adakah kita mencintainya kerna tubuh badan, paras rupa, kekayaan, keturunan?? Bagi wanita, jika dapat lelaki yg bertangunggjwb mereka akan rasa selamat bila hidup berumah tangga kelak. Bagi yang dah berkahwin sikap ini penting sangat sebab ianya akan dinilai oleh ALLAH s.w.t kelak. Tepuk dada tanyalah iman.

6)TIDAK BERAGAMA

Cinta ini sangat luas. Bukan sekadar cinta dengan umat sahaja tapi kecintaan yang sgt penting kepada ALLAH s.w.t. Sebab itulah, kalau anda rasa bertanggungjawab untuk menjaga pasangan, tingkatkanlah amalan dan jangan jadi org yg jahil pada agamanya, melanggar hukum yg dtetapkan dalam al-quran dan sunnah. Insya Allah jika kita punya agama yang kukuh pasangan akan rasa senang hati. Tidaklah nanti sama-sama hidup dlm kejahilan.

Akhir kata, lelkai adalah sebgai pemimpin. Oleh itu, jagalah amanah anda dengan sebaik-baiknya bukankah wanita itu dijadikan dari rusuk lelaki? Fikir-fikirkanlah…Sama2lah kita merenung diri. Jika kita mahu yang terbaik, kita sendiri yang harus dulu jadi terbaik. Jika kita mahu yang soleh bukan mencari yang solehah tapi jadi soleh atau solehah dahulu! Allahualam.

Baca Lagi..dan Jangan Lupa Share Kat Member..
Print
Related Posts with Thumbnails

Sekapur Sirih


Salam...Selamat Datang Ke Blog Sagasama ...Ini Merupakan Sambungan Daripada Blog Yang Lama ( blogsagasama.blogspot.com ) Kerana Blog Yang Lama Sudah Terdelete Secara Tidak Sengaja...Semoga Sahabat Sekelian Mendapat Manfaat Dari Blog Ini...

Email dan YM Admin : sagasue@yahoo.com

ADMIN : TIDAK ON LINE





free counter